POLSUB Gelar Ujian Mandiri Secara Online


Pada Jum’at (22/7) Politeknik Negeri Subang (POLSUB) menyelenggarakan Ujian Mandiri (UM) secara daring. Adapun peserta yang mengikuti UM ini sebanyak 79 peserta yang terbagi ke dalam delapan kelompok. Menurut Ketua Pelaksana UM POLSUB 2021, Aditya Nugraha, S.Pd., MSc. Menyampaikan bahwa UM yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, kini menjadi daring dikarenakan masih diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sampai 25 Juli mendatang.

“Hal ini kami lakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan Covid19 serta menjaga peserta UM agar tidak perlu ke luar rumah. Peserta bisa mengerjakan ujian di tempat masing-masing yang akan diawasi secara ketat oleh panita,” ujarnya.
Aditya kemudian menjelaskan teknis pelaksanaan ujian online ini yaitu peserta ujian diminta untuk menjunjung tinggi integritas dan kejujuran saat mengerjakan soal pada Ujian Mandiri. Sebagai bentuk untuk antisipasi tersebut, sebelum ujian dimulai para peserta diminta untuk menunjukkan sekeliiling ruangan yang dipakai untuk ujian agar memastikan tidak ada orang lain disekitarnya.
“Peserta wajib menyalakan kamera dan mikrofon selama ujian untuk memastikan peserta tidak melakukan tindak kecurangan,” tegasnya.
Sebelum pelaksanaan ujian, peserta sudah bergabung kedalam WAG sesuai dengan kelasnya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk media komunikasi peserta dan pengawas ketika pada pelaksanaan ujian terkendala dengan hal-hal teknis seperti; perangkat handphone/gadget/laptop/komputer mati tiba-tiba, soal tidak terbuka, dan hal teknis lain.
Pelaksanaan ujian menggunakan Google Meet dan para peserta terbagi menjadi delapan kelas serta diawasi oleh seorang pengawas. Para peserta mendapatkan tipe soal yang berbeda-beda tergantung dengan pilihan Program Studi (Prodi). Peserta yang memilih Prodi Keperawatan dan Agroindustri mengerjakan 30 soal Matematika, 30 soal pada Fisika, Kimia dan Biologi, 20 soal Bahasa Indonesia serta 20 soal Bahasa Inggris, sehingga total 100 soal. Sedangkan Prodi Sistem Informasi dan Prodi Pemeliharaan Mesin mengerjakan mengerjakan 30 soal Matematika, 30 soal pada Fisika, 20 soal Bahasa Indonesia serta 20 soal Bahasa Inggris, sehingga total 100 soal.
Pengumuman hasil Ujian Mandiri akan diumumkan pada Sabtu (24/7) dan pendaftaran ulang akan dilaksanakan mulai Senin-Rabu (26-28/7)
Sedangkan pengumuman bagi calon mahaiswa cadangan pada Kamis (29/7) serta pengumuman pendaftaran ulang cadangan pada Jum’at (30/1).