POLSUB Lantik 86 Wisudawan 2021


Politeknik Negeri Subang (POLSUB) pada Rabu (27/10) menyelenggarakan Wisuda kelima Tahun Akademik 2020/2021 yang dilakukan secara daring.
Wisuda kelima ini, lulusan telah menyelesaikan pendidikan program Diploma III sebanyak 86 orang dengan rincian sebanyak, 29 orang dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, 27 orang dari Prodi Pemeliharaan Mesin, serta 30 orang dari Prodi Agroindustri, sedangkan untuk Prodi Keperawatan pada tahun ajaran ini tidak ada lulusan yang diwisuda dikarenakan pada tahun 2018 merupakan masa peralihan Akper Pemerintah Kabupaten Subang ke Polsub dan tidak menerima mahasiswa baru.
Direktur POLSUB, Ir. Ridwan Baharta, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan
Wisudawan yang meraih predikat Cumlaude atau dengan pujian adalah sebanyak 27 Orang dan sebanyak 6 orang wisudawan telah bekerja di instansi pemerintah dan perusahaan swasta.
Ridwan juga menyampaikan saat ini Polsub sudah memiliki tiga gedung di Kampus 2 yang berlokasi di Cibogo yakni Gedung Jurusan Manajemen Informatika, Gedung Kuliah Bersama, dan Gedung Jurusan Agroindustri, tahun 2021 ini sedang berjalan pembangunan gedung untuk Jurusan Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin.
“Segala upaya akan kami kerahkan guna menghasilkan lulusan yang berkompeten dan dalam kurun waktu 2020-2021 POLSUB telah mulai mengukir banyak prestasi,” jelas Ridwan.

Wakil Direktur 1 Oyok Yudianto, S.T, M.T, menyampaikan kinerja lulusan POLSUB angkatan 2018 ini diukur dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan lama studi. Adapun rata-rata IPK untuk Prodi Agroindustri adalah 3,54, Prodi Sistem Informasi adalah 3,12 dan Prodi Pemeliharaan Mesin adalah 3,40 dengan masa studi 3 tahun. “Rata-rata IPK untuk lulusan Polsub tahun ini adalah 3,35,” terang Oyok.

Dosen yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ini juga menyatakan bahwa, “dari lulusan yang diwisuda saat ini, sebanyak 6 orang wisudawan telah memperoleh pekerjaan, diantaranya dari Prodi Agroindustri 3 orang, dan Prodi Sistem Informasi 3 orang. Adapula 3 wisudawan yang melanjutkan studi D4 dari Prodi Pemeliharaan Mesin ke Taiwan.”

Bupati Kabupaten Subang, H. Ruhimat juga turut menyampikan ucapan selamat kepada para wisudawan atas prestasinya telah lulus dari POLSUB dalam waktu tiga tahun.
Orang nomor satu di Kabupaten Subang tersebut yakin bahwa mahasiswa Polsub mampu bersaing di era pandemi ini dan harus mengejar perbaikan untuk menjadi garda terdepan untuk bersaing di era global.
“Lulusan Polsub harus menjadi garda terdepan, kita pantas berbangga dan berbahagia karena bisa membentuk SDM ahli madya yang berkualitas. Mari kita bangkit mengejar ketertinggalan dengan cara konsep dan pemikiran baru sehingga Kab. Subang bisa menjadi barometer pendidikan khusunya di Jawa barat.” harapnya ketika memberikan sambutan.

Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Beny Bandanadjaya, S.T., M.T. juga berharap bahwa lulusan Polsub bisa match dengan kebutuhan industri
karena dalam dunia kerja telah berubah dengan adanya transformasi kualitas lulusan pada masa ini memerlukan softskill, leadership, bekerjasama dan komunikasi.
“Saya yakin Polsub bisa mencapai visi nya pada 2030 untuk menjadi Politeknik terbaik dengan menerapkan pendidikan softskill yang bisa memberikan kontribusi kemajuan perekonomian bangsa, maju terus Polsub untuk Indonesia maju,” Pungkasnya.

Setelah sambutan, acara inti dilanjutkan dengan pelantikan wisudawan yang melibatkan orang tua masing-masing serta pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik.